Belanja iklan dan pertumbuhannya, 2013-2019 desktop
Deskripsi
Nielsen mencatat belanja iklan di media TV, Cetak, dan Radio pada 2019 mencapai Rp168 triliun. Jumlah tersebut meningkat 47,37 persen dibandingkan tahun sebelumnya (periode Januari-September). Belanja iklan juga bertumbuh 10 persen dibandingkan dengan 2018.
Belanja tersebut masih didominasi TV sebesar 85 persen dengan angka lebih dari Rp143 triliun dan rumbuh 14 persen dibandingkan tahun 2018. Sementara itu belanja iklan media cetak mencapai lebih dari Rp22 Triliun dan total belanja iklan radio mencapai Rp1,7 Triliun
Sejak kuartal ketiga 2018, Nielsen menambahkan media Digital dalam pengukuran belanja iklan. Sejak periode tersebut, kontriusinya sebesar di 2019 mencapai Rp13,3 Triliun. Digital menyumbang 7% dari total belanja iklan yang mencapai Rp181 Triliun . (RA)